Tersenyum adalah sesuatu yang indah. Tanamlah hal yang indah itu dalam diri kita.

SELAMAT DATANG


Anda sedang mengunjungi blog dari Ceritakita-noer

Latah . .

Saya memiliki seorang teman yang latahan, karena saya peduli sama dia akhirnya saya membuat blog ini . Sekalian berbagi kepada selur pembaca blog saya.
Latah kata bu Rugun guru Biologi saya , merupakan rangsangan refleks yang terjadi kepada diri seseorang karena di dalam dirinya memiliki ketakutan yang berlebihan, sehingga menyebabkan suatu gerak tak sadar.
Latah memiliki berbagai macam jenisnya, namun yang banyak terjadi d masyarakat Indonesia adalah :
1) Echopraxia : umumnya gangguan ini di awali adanya suatu stimulasi atau rangsangan yang mendadak dan mengejutkan. Dan biasanya orang latah akan melakukan suatu gerakan yang tidak relevan atau normal . Misalnya gerakan dengan menari-nari atau berjoget-joget.
2) Echolalia adalah latah yang menirukan ucapan orang lain atau secara refleks atau tidak sadar berbicara sendiri, seperti kata moNyong yang sering di latahkan oleh teman saya itu.
Umunya mereka tidak dapat mengontrol apa yang telah mereka lakukan, seakan-akan mereka kehilangan kesadarannya. Namun setelah mereka tersadar mereka akan merasa malu atas apa yang mereka lakukan, dan apa bila mereka terlalu lama melatah, mereka akan merasa kecapaian.
Sebenarnya latah tidak terlalu berbahaya malah latah merupakan suatu kelucuan tersendiri dan bias menghasilkan uang, seperti beberapa artis televisi.
Latah juga dapat di sembuhkan secara tradisional maupun secara teknologi. Secara tradisional dengan memakan bawang putih, kalau secara teknologi dengan obat-obatan dan terapi semacamnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih . .
Telah
Mengunjungi blog Ceritakita